HOT NEWS

virus 'Tati My Love', Ungkapan Rasa untuk Sang Kekasih

Rabu, 16 Januari 2008


Rabu,16 januari 2008

Baru beberapa hari saja pengguna komputer dikagetkan oleh keberadaan virus 'bikini bunga citra lestari' , virus lokal kembali menunjukkan taringnya.

Adalah Tati My Love, virus yang menyembunyikan folder/subfolder dan membuat file duplikat di dalam flash disk. Jika Anda menemukan file dengan nama tati.my.love.txt pada flash disk atau tiba-tiba semua folder berubah menjadi berekstensi SCR (Screen Saver), segera cek komputer Anda karena kemungkinan virus sudah menginfeksi komputer.

Secara umum, virus berukuran 198 KB ini sebenarnya tidak terlalu jahat karena tidak merusak data. Tati.my.love merupakan virus yang paling banyak menyebar di Indonesia. Sebenarnya Tati sudah menyebar sejak Desember 2007, dan diperkirakan ribuan komputer di Indonesia sudah terinfeksi virus ini. Puncak penyebarannya diperkirakan akan terjadi pada kuartal pertama 2008.

Untuk mengelabui user, virus ini akan menggunakan icon menyerupai Folder dengan ukuran 198 KB. Oleh Norman Virus Control, virus ini terdeteksi sebagai Trojan:W32/Autorun.AQK.

Jika sudah menginfeksi komputer, virus ini akan membuat beberapa file induk dengan nama tati.exe di 2 lokasi yaitu di C:\Windows dan C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup.

Virus ini juga akan membuat string pada beberapa registry, sehingga jika user mengakses ke Drive maka secara tidak langsung akan menjalankan virus. Untuk varian awalnya, Tati My Love tidak akan melakukan blok terhadap fungsi Windows sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Memalsukan diri sebagai folder

Perlu diwaspadai juga, jika Anda menemukan folder yang agak aneh di dalam flash disk, seperti folder dengan ekstensi SCR, dengan type "Screensaver" dan ukuran 198 KB, sebaiknya jangan dieksekusi karena virus ini akan melakukan penipuan dengan membuat file duplikat di dalam flash disk tersebut pada setiap folder dan subfolder.

Perlu diketahui, folder yang asli tidak akan memiliki ukuran (size), tipe dan tidak memiliki ekstensi. File duplikat yang dibuat akan mempunyai nama file yang sama dengan nama folder aslinya tetapi mempunyai ekstensi .SCR (screen saver) sedangkan folder asli tersebut akan disembunyikan.

Tati My Love juga akan membuat file Autorun.inf dan file tati.exe pada flash disk dengan tujuan agar virus dapat aktif secara otomatis dengan hanya mencolokkan flash disk tersebut ke komputer. File Autorun.inf ini berisi script untuk menjalankan file tati.exe tersebut.

Tati My Love pun akan membuat sebuah file dengan nama tati.my.love.txt yang berisi ungkapan perasaan kepada sang kekasih dengan bunyi seperti ini:

Duhai Adinda tercinta ----
Perjalanan tiga hari tiga malam mengarungi samudera
-------Seumur hidup diri ini takkan lupa

(sumber : detikinet dwn / dwn )

1 komentar:

Hi semuanya, saya punya tips-trik buat kalian...
Bagi yang menggunakan sistem operasi windows saya yakin selalu mendapat kendala dalam
menghadapi virus di komputer. Sekarang saya akan mengajarkan cara menangkal bila
sewaktu-waktu virus menyerang komputer anda.
Ikuti langkah-langkah berikut.
1. Masuk menu run. Start -> Run
2. Ketik gpedit.msc kemudian klik Ok
3. Kemudian pilih Administrative Template -> System -> Turn off Autoplay -> All
Drives -> Enable Kemudian Restart komputer anda.
Catatan : Setiap kali anda membuka Flashdisk atau CD, lakukan menggunakan
Explorer. Kemudian pilih Flashdisk/CD yang ingin anda buka.

Semoga bermanfaat.

Salam dari kami :
KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

Posting Komentar

 
 
 
eXTReMe Tracker
Powered By Blogger