HOT NEWS

Tips Scanning Foto

Kamis, 03 Februari 2011

Semua orang pastinya punya foto dalam bentuk cetak, yang akhir2 ini populer dengan menggunakan file digital dari pada film negatif yang sudah jadul. Untuk memproduksi foto dalam bentuk cetak tanpa adanya klise atau file digital, satu2nya cara adalah dengan menggunakan scanner. Tidak mudah lho untuk melakukannya maka dari itu tips scanning foto dibagikan buat agan2 sekalian yang ingin mendapatkan kualitas foto digital yang tidak berbeda jauh dengan foto cetakannya..
Quote:

TIPS :
Quote:
Berikut merupakan beberapa tips scanning foto yang bisa agan ingat ketika akan melakukan scanning foto :
  • Pilih DPI paling tinggi pada scanner
    dpi atau dot per inch ini penting untuk mereproduksi foto digital kembali ke versi cetaknya, semakin tinggi dpi makan semakin bagus kualitas foto cetak yang dihasilkan, umumnya foto digital dengan kualitas menggunakan 300dpi. dpi tinggi juga membutuhkan space hard disk atau flashdish
  • Pilih DPI rendah untuk keperluan WEB
    kalau tujuan scan foto hanya untuk email atau berbagi foto di facebook, 72dpi lebih dari cukup untuk menyimpan file digital tersebut. ingat bahwa dpi yang rendah juga mengakibatkan foto menjadi blur atau pecah bila foto terlalu banyak dibesarkan dari hasilnya
  • Pilih JPG sebagai format output dari scanning foto
    format JPG sudah dipercaya memampatkan / meng-compress file foto dengan baik sehingga dapat menghemat tempat harddisk.
  • Simpan foto digital dalam 600dpi
    untuk menyimpan file foto digital yang dapat direproduksi kembali ke banyak ukuran, bisa dipilih juga format TIFF yang uncompressed dan 600dpi sebagai setting scanner.
  • Pelajari manual dari scanner
    RTFM atau read the fine manual seringkali dikumandangkan di forum2 atau website mengenai manual elektronik yang berarti kamu harus membaca terlebih dahulu manual yang diberikan sebelum menanyakannya, soalnya biasa manual sudah dapat menyelesaikan masalah umum yang dialami oleh pelanggan scanner.
  • Belajar PhotoShop
    Untuk menghasilkan hasil foto lebih maksimal, luangkan waktu untuk mempelajari software edit foto seperti Adobe Photoshop (kalo saya sih pake GNU Image Manipulation Program, soalnya saya pakai OS Fedora14 gan)
sumber: kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
eXTReMe Tracker
Powered By Blogger