HOT NEWS

Free/Open Source Software Untuk Indonesia

Jumat, 10 Agustus 2007


FOSS-ID merupakan situs yang dipersiapkan untuk menjadi portal informasi dan penyebaraan FOSS di Indonesia...

Free/Open Source Software (FOSS) saat ini mulai menunjukkan taringnya di pasaran perangkat lunak Indonesia. Masyarakat Indonesia telah mulai sadar pentingnya menggunakan perangkat lunak legal, dan FOSS menjadi pilihan cerdasnya. Namun demikian masih ada beberapa anggapan yang salah di tengah-tengah masyarakat bahwa FOSS identik dengan kata “GRATIS“.

Kata Free pada FOSS berasal dari kata Freedom yang berati Bebas dan bukan Gratis. Dengan menggunakan FOSS, anda berarti bebas untuk menggunakan, bebas untuk mendistribusikan dan bebas untuk melakukan modifikasi.Lalu apakah dalam penerapannya berarti Gratis? TIDAK!

Untuk menggunakan FOSS, dan mungkin ada yang lebih spesifik mengidetikkannya dengan GNU/Linux (meskipun hal ini salah karena FOSS tidak hanya GNU/Linux), anda tetap perlu mengerluarkan biaya. Untuk penggandaan CD instalasinya anda memerlukan biaya, untuk mengambil FOSS dari Internet pun anda membutuhkan biaya, untuk mencoba menggunakannya anda pun memerlukan biaya (misalnya training, ataupun jika anda mencoba menggunakannya sendiri anda perlu menghitung nilai efektifitas kerja yang berkurang dalam proses penyesuaian).

Namun jika anda hitung secara keseluruhan, seluruh biaya yang anda perlukan untuk menggunakan FOSS seharusnya dan pada umumnya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan biaya yang harus anda keluarkan untuk menggunakan software legal berbasis proprietary. Jadi FOSS tidaklah sama dengan GRATIS. Dimana diluar itu semua pun, di dunia ini FOSS ada 2 macam: yang berbayar dan yang dapat didapatkan tanpa biaya untuk memperoleh lisensinya.

Download OS & software open source di: http://www.foss-id.web.id/

Penulis: (FeHa) - SIPLK-Depkominfo

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker