HOT NEWS

Tips & Trik Pilih Komputer

Selasa, 20 November 2007


Tak sedikit orang yang kebingungan saat ingin membeli komputer baru. Terlebih saat ini semakin banyak model komputer baru yang bermunculan dan menawarkan fitur dan kecanggihan yang 'lebih'. Tak perlu bingung, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan beli komputer baru.

Cari informasi dari tiga sumber berbeda

Sebelum membeli komputer baru, ada baiknya anda mencari informasi hardware komputer sebanyak-banyaknya dari tiga sumber: pengguna komputer, media dan manufaktur. Ketiganya pastinya memiliki perspektif yang berbeda.

Dari pengguna, khususnya yang sudah punya pengalaman, anda bisa mendapatkan kelemahan dan keuggulan hardware tersebut. Anda juga bisa mengikuti milis yang berkaitan dengan komputer dan menanyakan kebingunan anda disana, karena di milis user kerap sharing informasi. Informasi produk komputer bisa juga dicari di media-media cetak ataupun elektronik serta manufaktur. Dari ketiga prespektif ini, anda bisa memilah-milah hardware mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Perhatikan Memori

Jangan hanya berpatokan pada kecepatan CPU dan besar hard disk. Orang terkadang tidak memperhatikan kebutuhan RAM (random access memory) alias memori. Padahal ketika komputer memiliki memori terbatas, sistem tidak akan memberitahu kalau dia (komputer-red) butuh memori. Walhasil sistem akan memakai hard disk sebagai pengganti memori, bahasa teknisnya dikenal dengan "virtual memory atau swap space". Sebaiknya, bekali komputer anda dengan RAM secukupnya. Misalnya RAM minimal 2 GB jika anda ingin menggunakan sistem operasi yang paling baru beserta semua fiturnya (Windows Vista-red).


Tes Produk

Tes terlebih dahulu perangkat komputer yang akan anda beli, misalnya kondisi tombol keyboard, mouse dan monitor. Jika ingin membeli laptop, pastikan juga mouse pointing bekerja dengan baik. Perhatikan juga brightness monitor, khususnya Laptop yang sering
digunakan di area terang. Pastikan display monitor anda dalam kondisi baik dan sesuai dengan pandangan mata anda.


Jangan Bergantung pada Merek

Hampir sebagian besar komputer dibuat dari komponen yang sama. Meski demikian, pilihlah peripheral komputer yang memiliki customer support yang bagus. Jangan pula bergantung pada satu merek PC tertentu, bahwa PC merek A lebih baik dan lebih kencang dibanding PC merek B. Anda bisa meminta referensi dari teman dan pengguna lain yang sudah pernah menggunakan produk tersebut. Cek pula garansi, support produknya di situs, atau kalau perlu hubungi call support perusahaan dengan beberapa pertanyaan.


Manfaatkan Momen Diskon

Komputer sebagian besar merupakan barang komoditas. Oleh sebab itu, di pasaran banyak digeber promo-promo produk secara agresif. Tak ada salahnya jika anda melihat stok produk yang sudah lama karena biasanya para manufaktur menurunkan harga produk lama, menyusul banyaknya komputer model baru yang masuk. Mereka biasanya juga memberikan insentif lain dengan menawarkan potongan harga khusus, seperti promosi spesial.
( dwn / dwn )

XP, Saingan Terberat Windows Vista


Siapa saingan terbesar Windows Vista di ranah sistem operasi? Bukan Apple atau Red Hat, kompetitor terbesarnya justru datang dari Microsoft sendiri, Windows XP.

Menurut Benjamin Gray, analis di Forrester Research Inc., sebanyak 32% dari perusahaan yang mereka survei menyatakan akan mengembangkan Vista menjelang akhir tahun depan. Masalahnya bukan terletak pada angka 32%-nya, namun pada keberhasilan perusahaan menstandarisasi Windows XP.

Windows XP terbukti masih digandrungi banyak perusahaan ketimbang Vista. Sebanyak 84% PC (komputer) perusahaan saat ini menggunakan sistem operasi Windows XP, dari 67% tahun lalu. Survei tersebut melibatkan hampir 600 perusahaan di Amerika Serikat dan Eropa, yang memiliki lebih dari 1.000 orang karyawan.

"Ada banyak sekali perusahaan yang menanti-nanti XP SP3," kata Gray. Terlebih, masih menurut Gray, Microsoft akan segera mengedarkan XP SP3 ke pasaran pada kuartal pertama 2008. Dan menurut laporan, sistem operasi tersebut akan menjadi Service Pack terakhir Windows XP.
"Saingan terbesar Vista bukanlah Apple, Novell atau Red Hat; tapi justru Microsoft sendiri yaitu XP," papar Gray lagi.

Spesifikasi Terlalu Tinggi

Hampir sepertiga perusahaan yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan Vista menjelang akhir tahun 2008, sementara 17% mengatakan akan memulainya pada 2009 atau 2010.

Menilik ke hasil survei Mei 2006, sebanyak 40% perusahaan mengatakan bahwa mereka berencana mengembangkan Vista dalam setahun sejak Vista dikeluarkan. "Dari 40% yang merencanakannya, namun menjelang akhir tahun 2007, hanya 7% yang melakukannya," tukas Gray.

Menurutnya hal ini dikarenakan kurangnya informasi detil tentang Vista; terlalu mahalnya PC yang harus dibeli untuk bisa memakai Vista, dan banyaknya aplikasi yang tidak kompatibel dengan Vista.

"Ketidakkompatibelan aplikasi merupakan masalah besar, bikin pusing," kata Gray menyebutkan laporan dari perusahaan-perusahaan yang tengah bersiap migrasi ke Vista. Menurut perusahaan, aplikasi yang tidak kompatibel dengan Vista berkisar antara 10% hingga 40% dari portofolio software mereka. "Hal ini menyebabkan banyak toko yang menjual XP memilih mengambil pendekatan wait-and-see terhadap Vista," tegas Gray.

(sumber : detikinet.com dwn / dwn )

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker