HOT NEWS

Tips Memilih Proyektor Yang Baik

Selasa, 22 Maret 2011


Aktivitas kerja yang berhubungan dengan presentasi atau rapat lainnya membutuhkan yang namanya proyektor yaitu sebuah alat atau perangkat untuk menampilkan gambar pada layar proyeksi atau permukaan serupa sehingga dapat dengan jelas presentasi yang di utarakan, sebelum membeli proyektor untuk pendukung kerja setidaknya kita harus mengetahui bagaimana harus memilih proyektor sesuai kebutuhan kita.

Sebagai referensi sebelum memilih proyektor ada baiknya mencari sumber di internet sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam aktivitas kerja, berikut memilih proyektor yang sebagai referensi dan diperhatikan saat ingin membeli.

1. Pencahayaan, setiap multimedia mempunyai settingan yang dapat disesuaikan sesuai penglihatan mata, satuan ukurannya adalah ANSI atau lumens. pada lumens ini memberikan tingkat suatu gambar seperti semakin besar lumens, semakin terang gambar yang diproyeksikan dan semakin terang suatu ruangan maka semakin tinggi tingkat lumens yang diperlukan.

2. Resolusi, hal ini sering digunakan sebagai jumlah pixel dalam pencitraan gambar digital, pengukuran resolusi ini sama dengan monitor PC semakin besar resolusinya semakin besar pula ukuran layar dan akan banyak yang bisa ditampilkan biasanya ukuran standar 800 x 600

3. Contrast Rasio, sistem ini biasanya ada pada settingan proyektor tersebut tap setidaknya dapat mengetahui seberapa jelas contrast rasio ini berfungsi, mengukur bagian tergelap dan bagian paling terang sehingga dapat memperkirakan tingkat cahaya proyektor dapat disesuiakan sesuai dengan kondisi pencahayaan di ruangan.

4. Bobot, perihal yang satu ini penting kadangkala harus dibawa ketempat tujuan dimana harus melakukan presentasi hal ini berkaitan dengan keperluan proyektor itu sendiri karena sudah banyak saat ini proyektor yang dapat dibawa dengan bobot ringan dan kecil, akan tetapi bila proyektor ini hanya ditaruh diruang kerja untuk tidak secara mobile boleh saja dengan ukuran yang cocok untuk kantor presentasi.

5. Fitur, pilihan ini tepat bagi anda yang membutuhkan proyektor multifungsi, proyektor saat ini berkembang sesuai kebutuhan, ada yang terkoneksi dengan jaringan internet secara Wi-Fi atau bluetooth. Selain itu penggunaan remote control menjadi nilai lebih dari sebuah fitur proyektor, termasuk proyektor yang hemat listrik dengan tenaga listrik yang dibutuhkan harus dapat menghemat.

Referensi ini setidaknya memberikan bagi anda yang membutuhkan atau akan membeli proyektor untuk mendukung aktivitas kerja, benar memperhatikan proyektor yang sesuai dengan keinganan serta kebutuhan.

sumber : kaskus.us

Tips Cermat Memilih Laptop


Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin berkembang dan pesat. Sumber informasi melalui internet juga menjadi faktor utama yang mendukung perkembangan teknologi. Termasuk didalamnya ialah keberadaan laptop yang memudahkan kita dalam melakukan aktivitas di dunia maya sebagai pengganti komputer. Selain bisa dibawa kemanapun, dengan laptop aktivitas kita akan dimudahkan disamping bentuk yang simpel dan berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh laptop itu sendiri.

Perkembangan jejaring sosial serta kebebasan orang untuk mengakses internet via wifi di ruang publik seperti mall, cafe, sekolah, kampus dan area internet lainnya mendorong orang untuk membeli laptop. Perlu diketahui banyak ragam dan jenis, tipe serta merk yang ditawarkan oleh produsen laptop dengan berbagai fitur-fitur yang menarik, oleh sebab itu kita harus cermat memilih laptop sesuai dengan kebutuhan kita mengingat laptop bukanlah barang yang murah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli sebuah laptop :

1. Tentukan kegunaan dan fungsi laptop jika anda akan membelinya, pastikan apakah laptop nantinya berfungsi untuk mengajar, membuat program, mendesain, bermain game, sebagai developer sistem, aktivitas diluar kantor, atau kegiatan ringan seperti browsing dan chatting. Ada beberapa yang harus dicermati menurut fungsinya :
- Jika laptop hanya digunakan untuk penunjang sarana mengajar seperti hanya untuk pengetikan, pengolahan data, office program yaitu word, powerpoint, presentasi dan lain-lain, maka sebaiknya laptop memiliki prosessor intel celeron dan RAM 128 MB keduanya sudah dapat memadai aktivitas tersebut.
- Jika anda seorang programmer, desain grafis atau gamers sejati yang harus diperlukan laptop yang menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Gunakan laptop dengan kemampuan lebih tinggi dapat memilih dengan teknologi multi core dan berarsitektur 64 bit.
- Laptop untuk seorang developer biasanya menggunakan aplikasi software developing oleh sebab itu membutuhkan resource yang cukup tinggi, selain disarankan untuk menggunakan teknologi multi core dan arsitektur 64 bit anda harus mempertimbangkan prosessor dan memori yang memiliki spesifikasi sangat tinggi karena aplikasi dan developing memiliki tools yang sangat banyak memakan memori.
- Laptop hanya untuk dibawa berpergian, kegiatan mobile, melakukan aktivitas sehari-hari seperti kegiatan browsing, chatting, sebaiknya lebih memilih laptop para perangkat yang mampu bertahan lama seperti pada umur baterai, beban berat laptop, ukuran layar, dan fitur internal koneksi seperti modem, bluetooth, kabel data, WiFi serta webcam.

2. Pilihlah laptop dengan merk yang sudah terkenal atau branded, hal ini juga dapat menjadi referensi karena biasanya merk identik dengan kualitas yang ditawarkan oleh pembeli.

3. Mencari referensi harga, hal ini dapat dilakukan dengan cara browsing atau website toko yang menyediakan situs untuk layanan online dalam menentukan harga, fungsinya untuk menyesuaikan dengan dana dan kebutuhan laptop yang diinginkan. Selain itu sebagai tolak ukur saat membeli laptop.

4. Pertimbangkan layanan purna jualnya, hal ini mengingatkan anda yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebagai masukan bila laptop ingin di jual kembali dan mengganti spesifikasi lebih baik lagi dari sebelumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu layanan garansi, tempat service resmi serta tempat yang memiliki jaringan layanan luas. Kemudahan memproleh spare part sehingga kita dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan laptop kita dan mudah mendapatkannya, lalu harga jual bekasnya pun tetap tinggi dengan memilih laptop merk terkenal sehingga jika dijual kembali akan tetap tinggi.

Itulah beberapa yang harus dicermati bagi kita yang akan memilih dan membeli laptop, sehingga tidak menyesal jika barang kita beli nantinya mengecewakan kita sendiri. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang ingin membeli laptop.

sumber: kaskus.us

Tips Membersihkan CPU


Perawatan secara berkala terhadap PC dapat memberikan pengaruh yang signifikan atas usia pakai PC itu sendiri, bukan semata debu dan kotoran yang akan selalu bertambah didalam casing PC yang perlu dibersihkan melainkan beberapa part mekanik yang juga perlu dilumasi dengan pelumas. Terlebih pada PC-PC yang digunakan pada kantor, warnet, dan tempat-tempat lain yang menuntut PC bekerja secara terus-menerus. Berikut langkah-langkah dalam membersihkan PC :

1. Memutus arus listrik, Lepas semua Kabel yang terhubung dengan sumber listrik dan peripheral lain, semisal keyboard, mouse, monitor dan printer. Pastikan tak ada lagi kabel menuju CPU.

2. Bersihkan Power Supply Unit (PSU), Power Supply yang kotor karena debu dapat membuat temperatur didalam Power Supply melonjak, terlebih bila kipas yang ada didalam PSU bergerak lamban karena kotor oleh debu dan tak terlumasi dengan baik. Lepaskan kabel PSU yang menuju Mainboard, lepaskan baut-baut yang mengikat PSU pada Casing, Bila masa garansi PSU anda telah berakhir maka tak perlu ragu untuk membuka penutup PSU, langkah ini akan mempermudah anda membersihkan PSU, bersihkan seluruh debu dengan kuas kecil yang lembut dan tiup dengan kompresor bertekanan rendah atau dengan alat peniup (blower). Semprot bearing pada kipas dengan WD40, teteskan minyak pelumas pada bearing kipas. Pasang kembali tutup body PSU.

3. Bersihkan Ram, Harddisk, CD ROM. Lepas semua komponen tersebut dari dudukannya. Bersihkan debu yang menempel pada permukaan komponen-komponen tersebut. Khusus untuk RAM, perhatikan kaki-kaki konektor yang berwarna keemasan, bila warna kakinya terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan penghapus pensil, dan lihat hasilnya, kaki-kaki konektor RAM akan mengkilat, kondisi ini akan memperbaiki kualitas hantaran antara RAM dengan Mainboard.

4. Bersihkan Mainboard. Tampak yang tersisa di casing mungkin hanya tinggal Mainboard. Lepaskan seluruh baut yang mengikat Mainboard dengan Casing, lakukan secara hati-hati agar mata obeng tidak merusak mainboard. Bersihkan Mainboard dari debu yang menempel dengan kuas secara perlahan dan hati-hati. Perhatikan slot-slot konektor seperti slot untuk RAM, PCI, PCI-ex dan lainnya, pastikan tak ada debu yang menyelinap didalam slot-slot tersebut. Bersihkan pula permukaan belakang mainboard.

5. Bersihkan Heatsink Procesor. Bagian ini adalah bagian yang sangat beresiko. Lepaskan pengikat Heatsink dengan Mainboard. Angkat perlahan Heatsink dari dudukannya, biasanya Thermal paste yang ada dibawah permukaan heatsink akan merekat erat dengan procesor, bila terasa sulit untuk mengangkat heatsink dari dudukannya, lakukan dengan memutar-mutar heatsink secara perlahan. Setelah heatsink terlepas, bersihkan kipas dari debu dan lumasi bearing kipas seperlunya. Bersihkan sisa-sisa Thermal paste pada permukaan Heatsink.

6. Bersihkan Procesor, lepaskan procesor dari dudukannya, bersihkan sisa thermal paste yang melekat, dan pastikan tak ada debu yang menyelinap pada dudukan procesor.

7. Bersihkan casing. Setelah tak ada peripheral yang tersisa didalam casing, bersihkan semua bagian casing dari debu, bila diperlukan, gunakan cairan pembersih serbaguna yang banyak terdapat di toko-toko serba ada.

8. Merakit kembali. Setelah semua bersih, pasang kembali semua komponen. Dimulai dari pemasangan procesor, beri thermal paste secukupnya jangan terlalu banyak, pastikan seluruh permukaan procesor tertutupi secara tipis oleh thermal paste. Lanjutkan dengan memasang seluruh komponen dengan urutan terbalik ketika membongkarnya.

9. Running Test. Hidupkan PC dan perhatikan process yang berjalan, pantau suhu procesor dan pastikan seluruh kipas berfungsi. Selamat mempraktikkannya..!

sumber: kaskus.us

Tips Hindari Mata Lelah Di Depan Monitor


Bila anda bekerja di depan komputer tampak pandangan terfokus pada monitor untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, pernah mengalami kelelahan pada mata ? Hal ini tergantung pada kekuatan mata saat berkerja di depan layar monitor. Jika anda merasakan pening atau pedih pada mata maka harus dihindari karena lambat laun akan merusak penglihatan anda, berikut adalah tips menjaga kondisi mata kita.

1. Jaga jarak mata pada monitor.
Pastikan jarak anda dengan monitor sesuai dengan yang disarankan oleh para ahli mata, jarak aman antara mata dan monitor yaitu 20-40 inci (50-100 cm) dari mata. Jika terlalu dekat berbahaya juga untuk mata oleh sebab itu perhatikan posisi duduk anda dengan monitor tersebut, seandainya masih kesulitan melakukan aktivitas kerja seperti membaca padahal sudah berada pada jarak ideal coba lakukan dengan membesar ukuran fontnya sehingga kita merasakan nyaman saat melakukan aktivitas di depan komputer.

2. Gunakan LCD, singkirkan CRT
Hal ini berhubungan dengan alat atau piranti hardware anda, saat ini perkembangan teknologi sangat tinggi, apalagi untuk monitor komputer hampir sebagian besar menggunakan layar LCD. Oleh sebab itu gunakan piranti LCD dibanding CRT, CRT merupakan monitor tabung yang memberikan efek yang kurang baik untuk mata selain itu CRT membutuhkan energi listrik sangat besar. Perbandingannya satu monitor CRT sama saja menggunakan lima monitor LCD, atau solusi yang lain jika masih menggunakan CRT yaitu menggunakan filter anti radiasi hal ini untuk meminimalisir pandangan langsung terhadap monitor.

3. Setting monitor
Monitor yang ada saat ini banyak menyediakan preset display mode sehingga dapat memudahkan kita mengganti setting pada layar monitor, termasuk memberikan level pada brightness dan hal ini juga harus disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya.

4. Pakai kacamata anti radiasi
Tips keempat ini memang merupakan saran akan tetapi ada baiknya jika anda memiliki cukup biaya untuk membeli kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi dapat dikatakan relatif mahal tapi efektifitas dalam fungsinya sangat berguna bila kita menggunakan komputer yang berbeda. Kacamata anti radiasi dapat dibawa kemana-mana selain itu dapat berfungsi bukan hanya melindungi mata dari monitor akan tetapi dari cahaya lampu mobil, radiasi tv dan lainnya.

5. Istirahatkan mata secara berkala
Berikutnya cara termudah yang kita dapat lakukan yaitu mengistirahatkan mata secara berkala, sehingga tidak terus difokuskan pada pekerjaan di depan monitor, setidaknya membutuhkan lima hingga sepuluh menit untuk melakukan istirahat terhadap mata. Bukan hanya istirahat saja, anda dapat melakukan aktifitas penyegaran mata dengan melihat sekitar kita sebagai alihan normalitas pada mata atau dapat dilakukan juga dengan mencuci muka supaya kita merasa segar.

Tips ini semoga dapat menjadi jalan keluar bagi anda yang memiliki aktifitas sangat tinggi di depan monitor, tidak salahnya sesuatu yang baik itu dilaksanakan untuk kesehatan khususnya mata agar dapat terjaga dengan baik. Selamat mencoba.... 

sumber : kaskus.us

Tips Perawatan Televisi LCD


Pasar membaca kemauan para konsumen terhadap barang elektronik mereka butuhkan. Kebutuhan televisi merupakan salah satu alat hiburan diminati orang banyak sehingga saat ini kebutuhan membeli televisi menjadi sesuatu yang primer. Bagi kita yang ingin membeli atau mempunyai televisi dengan berbagai merk tentunya mendambakan sebuah LCD TV atau TV dengan tampilan layar datar sebagai pilihan utama.

Jika sudah mempunyai televisi LCD bukan berarti tidak membutuhkan perawatan. Teknologi terkini mengarah kepada televisi LCD tidak lagi televisi tabung yang diperjuabelikan. Perawatan televisi LCD mudah saja akan tetapi perawatan ini harus berkala dan diingat selalu untuk menghindari sesuatu yang tidak memungkinkan berikut perawatan televisi LCD :

1. Pada prinsipnya sama dengan perangkat gadget dengan menggunakan layar LCD akan tetapi televisi merupakan kebutuhan yang terkadang setiap hari di tonton, oleh sebab itu perhatikan suhu dan kelembaban udara sehingga jika memungkinkan menggunakan penyejuk udara karena penggunaan produk elektronik salah satunya televisi LCD akan meningkatkan suhu udara.

2. Layar LCD seperti televisi sangat rentang terhadap debu dan cairan sehingga perlu menjaga kebersihan ruangan televisi yang letaknya biasanya diruang keluarga, khusus debu dapat menyebabkan perubahan pada warna serta penurunan kualitas warna oleh sebab itu untuk mencegah sebaiknnya menggunakan screen protector yang biasanya merek tertentu sudah menggunakan screen protektor sebagai tambahan fitur.

3. Untuk membersihkan layar LCD televisi anda gunakan kain yang lembut dan cairan khusus pembersih monitor yang biasa digunakan oleh PC komputer, sebelumnya saat pembersihan pastikan kontak listrik dalam keadaan mati serta jangan pernah langsung melakukan penyemprotan pada layar sebaiknya semprot ke kain lembut supaya tidak berantakan.

4. Lokasi yang tepat untuk televisi LCD biasanya diruang keluarga tapi jika ingin di pindah dilokasi yang lain sebaiknya berhati-hati karena setiap perangkat gadget layar LCD sangat rentan terhadap goncangan termasuk televisi, apalagi terjadi goresan kecil di layar akan menimbulkan gangguan saat menonton sehingga mengurangi kualitas gambar.

5. Jika televisi LCD anda mengalami kerusakan sebaiknya langsung memanfaatkan kartu garansi, jangan pernah membongkar sendiri kerusakan tersebut karena biasanya kalim garansi akan di tolak.

6. Usahakan jauhkan televisi LCD anda dari benda elektronik lainnya yang mempunyai medan magnetik besar sehingga dapay mengurangi kualitas gambar dan tampilan, apalagi terkena langsung dengan sinar matahari.

Tips untuk perawatan televisi LCD ini setidaknya dapat mengingatkan kembali akan barang elektronik berupa televisi LCD dirumah anda, perawatan yang rutin dan semakin awet usia televisi yang digunakan hampir 24 jam non stop digunakan.

sumber : kaskus.us

Tips Perawatan Pada Keyboard


Bila mempunyai perangkat hardware seperti komputer dirumah, kadang kurang diperhatikan karena mungkin sebagian besar aktivitas didepan komputer lebih banyak berada dikantor anda bekerja. Tapi sering kali juga bagian pada hardware komputer seperti keyboard menjadi nomer sekian untuk membeli satu unit perangkat hardware komputer.

Oleh sebab itu lakukan perawatan berkala pada perangkat hardware seperti keyboard yang merupakan nomer sekian padahal perangkat hardware tersebut merupakan bagian dari input device dalam mengoperasikan komputer. Untuk mengetahui bagaimana perawatan dari keyboard berikut tipsnya :

1. Bila anda yang ingin membeli keyboard pastikan beli keyboard yang memiliki branded name dengan begitu merk yang sudah terkenal dijamin reputasinya walaupun tetap kita harus waspada selalu mengkroscek terlebih dulu, apalagi bandrol yang dipatok barang yang mempunyai nama tersebut memang cukup tinggi tapi ini berkaitan dengan kualitas.

2. Periksalah semua sudut keyboard yang terpenting adalah tombolnya carilah yang lunak jika terlalu keras akan menyebabkan jari saat mengetik cepat lelah dan pegal, diperhatikan juga jangan terlalu lunak atau empuk hal ini kadangkala menimbulkan sensitifnya tombol bila tersentuh.

3. Terkadang saat melakukan pembelian kita dihadapkan pada pilihan huruf pada tombol keyboard oleh sebab itu Pilihlah keyboard sesuai jenis huruf yang sering Anda gunakan karena terdapat keyboard dengan huruf Alfabet, Arab, China, dan sebagainya. Ini penting hal ini untuk memudahkan Anda bekerja.

4. Jangan sungan saat anda membeli selalu bertanya untuk kenyamanan anda untuk mengecek setiap tombol pada keyboard dengan menyambungkannya ke komputer ditoko anda sebelum membeli. Hal ini dimaksudkan apakah semua tombol berjalan dengan baik, jika tidak kesempatan untuk mengganti yang lain.

5. Pemilihan warna rasanya juga penting jika kita memilih warna gelap kita tidak mengetahui keyboard kita dalam keadaan kotor atau tidak, hal ini lebih baik mencari warna yang cerah sehingga kita dapat membersihkan keyboard secara berkala. Jika tidak menyukai warna cerah yang mencolok penglihatan anda pilihlah warna agak gelap tidak terlalu cerah.

6. Pilihlah keyboard standar yang anda gunakan apakah untuk game atau perangkat kerja multimedia, biasanya keyboard multimedia memiliki jumlah tombol yang lebih banyak, apalagi bagi kalian yang seorang gamers kebutuhan keyboard menjadi yang terpenting untuk merespon permainan yang dimainkan.

7. keyboard tanpa kabel alias wireless saat ini sangat banyak sebaiknya pilih keyboard wireless hal ini dimaksudkan untuk terlihat rapi sehingga tidak direpotkan dengan kabel keyboard. Kalau juga memilih keyboard sebaik dengan port USB tapi diusahakan kabel tidak terbelit dan tertekuk.

8. Jauhi dan tidak meletakkan sesuatu yang berat di atas tombol keyboard hal ini dapat mengurangi kenyamanan untuk menggunakannya.

9. Hindari keyboard dari percikan air baik kopi debu dari abu rokok maupun kebiasaan makan didepan komputer hal ini yang menyebabkan keyboard selalu kotor, jika masuk ke dalam sela-sela keyboard tentunya menjadi penghambat kinerja keyboard serta menyebabkan kaki-kaki pada tombol terhambat dengan tumpukan kotoran didalamnya.

10. Perawatan dan pembersihan dilakukan secara berkala terutama terhadap sela-sela tombol keyboard gunakan kuas atau air spray, penyemprot udara hal ini untuk lebih detail dalam pembersihannya. Selain itu lakukan pembersihan dilakukan dengan posisi terbalik hal ini untuk memudahkan keluarnya kotoran dari sela-sela tombol.

11. Gunakan pelapis keyboard hal ini untuk mengindari debu dan cairan, selain itu jika tidak digunakan sebaiknya bungkus dengan menggunakan plastik sehingga terhindar dari debu.

12. Sebelum anda melakukan pengetikan didepan komputer sebaiknya bersihkan dahulu keyboard dengan tisu untuk mengindari debu, sebelum itu anda juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan hal ini kembali mengindari debu dan bakteri yang menempel di tangan anda.

Dengan beberapa tips ini dapat merubah kebiasaan kita yang makan atau minum didepan komputer walaupun demikian perawatan berkala terhadap keyboard juga harus rutin, jangan sampai sakit karena banyaknya debu dikeyboard. selamat bekerja. 

sumber : kaskus.us

Tips Merawat Layar Sentuh iPad


Perangkat gadget saat ini makin kaya dengan fitur yang amat canggih apalagi kehadiran iPad dan LCD layar sentuh yang membuat ragam teknologi yang ditawarkan menjadi pilihan bagi penggunanya, hampir para produsen teknologi mengusung era baru dunia layar sentuh yang merambah diberbagai ponsel yang berbasis smartphone.

Akan tetapi dengan dunia layar sentuh kita dituntut untuk dapat hati--hati untuk saat menggunakan karena LCD dari iPad dan layar sentuh lainnya merupakan bagian yang paling vital, perlu dijaga dan dirawat dengan baik sehingga dapat menggunakan lebih lama dan terhindar dari kerusakan yang sangat parah nantinya.

Memang belum banyak service center dari suatu provider produk iPad pastikan garansi masih berlaku jika mengalami kerusakan parah, akan tetapi tidak salahnya untuk memberi saran untuk merawat serta menjaga iPad anda. Kebiasaan saat menggunakan iPad bila layar kotor atau berminyak secara tidak sengaja maupun sengaja kebiasaan mengelap layarnya menggunakan kaos atau baju justru hal tersebut memperburuk layar akan terdapat goresan akibat kain kaos atau baju yang kasar maupun partikel debu yang menempel pada layar tersebut.

Untuk itu perawatan yang benar jangan lakukan kebiasaan tersebut gunakan alat khusus dengan penghembus udara atau blower untuk menghilangkan kotoran termasuk menggunakan tisu khusus untuk LCD, sebagai sarannya dapat diberikan stiker protector atau stiker pelindung LCD. Selain itu tingkat rentan terhadap gadget iPad terdapat pada bodynya oleh sebab itu untuk berikan keamanan dari goncangan dapat diberi tas khusus iPad dan pelindung karet.

Sang pemilik juga harus tahu benar bahwa gadget seperti iPad sangat rentan juga terhadap sesuai yang lembab atau panas tinggi tempatkan pada udara yang normal dan sejuk, apalagi saat melakukan charger baterai jangan samapi menunggu baterai mati total baru dicharger, hal tersebut merupakan tindakan yang tidak disarankan. Perhatikan betul indikator baterai termasuk bila sudah full charger segera cabut, jika terjadi over akan berakibat baterai tidak awet.

Perawatan inilah harus berkala yaitu memperhatikan software yang digunakan karena aplikasi tidak dapat digunakan, hal tersebut disebabkan kerusakan software karena crash program ketidaksempurnaan saat mengunduhnya. Untuk itu disarankan untuk para pengguna iPad memiliki akun pribadi disitus resmi Apple, sehingga dapat mengunduh program resmi yang dikeluarkan Apple untuk iPad. Jika terjadi kerusakan pada program dan dianggap parah sebaiknya langsung ke ahlinya dan jika terjadi kerusakan parah manfaatkan kartu garansi diservice center iPad.

sumber: kaskus.us

Tips Perawatan Berkala Pada Kamera DSLR


Hampir perangkat elektronik yang beredar berbasis teknologi tinggi dengan perangkat gadget berbagai kemampuan dan fitur lainnya, termasuk kamera saat ini pecinta fotografi baik pemula maupun profesional makin berkembang apalagi dengan para pemula yang baru membeli kamera digital SLR. Perawatan kamera DSLR ini sangatlah penting bagi pemula untuk menambah awet kamera akan maupun setelah digunakan.

Awalnya pemilik kamera DSLR biasanya begitu perhatian dengan gadget ini, tapi karena kesibukan bisa saja kita mengabaikannya. Oleh sebab itu, DSLR nayatanya butuh perawatan yang baik dari si empunya. Berikut beberapa hala yang harus diperhatikan dalam kamera DSLR :

1. Perhatian terhadap bodi kamera
Kamera DSLR yang utama adalah bodi kamera karena merupakan bagian terluar yang menonjol dan sering digunakan, untuk itu bersihkan bagian luar bodi dengan kain lembut serta gunakan blower untuk menyingkirkan debu yang nempel pada bagian disetiap bodi. Setelah itu menggunakan blower brush untuk kotoran yang agak sulit dibersihkan, perhatikan juga bagian dengan me-lock up mirror ke atas jika ingin memblower bagian sensor tap ingat bagian sensor adalah bagian yang sangat sensitif jangan sembarang jika anda tidak paham betul.

2. Perawatan lensa
mempunyai lensa dengan berbagai ukuran jangan sekali-kali menyentuh bagian optik lensa dengan menggunakan jari hal itu akan menimbulkan bekas, untuk itu gunakan selalu filter pelindung serta pakai lens hood. Jika tidak digunakan selalu perhatikan bagian lensa tutup lensa sehingga setidaknya dapat mengurangi debu menempel hingga terjadi jamur, bersihkan lensa dengan menggunakan blower untuk menyingkirkan debu setelah itu gunakan lens brush lalu lens cloth jika terdapat noda pada lensa.

3. Baterai
Untuk perawatan dari bagian baterai tidak terlalu menyulitkan hanya saja jangan mencharger batarai secara berleihan, cabut segera jika sudah penuh serta jika kamera tidak digunakan cabut baterai untuk tidak menimbulkan kelembaban dan gunakan baterai original.

4. Memori Card
Jika tidak digunakan sebaiknya memori card dilepas dan tempatkan pada tempatnya, untuk mengindari kerusakan akibat debu yang menempel serta terhindar dari benda bermedan magnet, hal ini dilakukan untuk lebih awet dalam menggunakan kartu memori.

5. Penyimpanan kamera
Kamera seperti DSLR itu harus disimpan dalam udara sejuk untuk terhindari dari kelembaban, atau jika mempunyai dana lebih perlu memiliki drybox yaitu wadah yang mampu mengatur kelembaban dalam menyimpan kamera DSLR. Atupun cara yang mudah dengan menyimpan dalam kantung plastik berklip serta berikan silica gel didalamnya taruh ditempat kering serta sejuk dan jauhkan dari benda bermagnet.

Semoga tips untuk merawat perangkat gadget anda seperti kamera DSLR yang anda miliki dapat awet, sehingga dapat digunakan kembali. Lakukan perawatan pada kamera DSLR anda secara berkala, kalau memang mengalami kerusakan yang cukup parah sebaiknya serahkan kepada ahlinya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

sumber : kaskus.us

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker