HOT NEWS

virus Stargate Usili Halaman Browser Internet Explorer

Senin, 10 Maret 2008

SENIN, 10 MARET 2008



Jika ingin menggapai mimpi yang lebih indah
laksanakan dan kerjakan


Demikian bunyi pesan yang akan ditampilkan virus setiap kali menjalankan browser Internet Explorer (IE). Saat ini tengah beredar virus Stargate yang konon 'cukup' sulit untuk dibersihkan. Salah satu penyebab virus ini mampu bertahan adalah kemampuannya untuk me-redirect file eksekusi (exe/com/bat/pif/VBS/REG dan lnk) ke file virus.

Gejala lain yang muncul jika komputer Anda terkena virus ini adalah tipe file setiap direktori/folder akan berubah menjadi "Stargate" dan Anda juga tidak dapat membuka properties My Computer. Bukan cuma itu saja, virus ini juga akan memblok hampir semua aplikasi yang terinstal sehingga tidak dapat dijalankan dan muncul pesan error. Gejala lainnya, jika membuka "Folder Option" maka komputer akan langsung restart.

virus Stargate terdeteksi sebagai W32/Agent.DRRU. Ciri lain file virus ini antara lain menggunakan tipe file "Application" dan berekstensi exe.

Stargate dibuat dengan program bahasa Visual Basic. Untuk mengelabui pengguna, virus ini menggunakan icon Folder dengan ukuran file sebesar 46 KB. Jika file tersebut dijalankan maka ia akan membuat file induk yang akan dijalankan setiap kali komputer dinyalakan.

Stargate juga akan membuat string registry untuk memblok beberapa fungsi Windows seperti Task Manager, Regedit, Msconfig, Folder Option dan beberapa program keamanan termasuk antivirus, baik dengan cara memblok langsung/redirect ke file virus atau debugger ke program notepad.

Untuk mempertahankan dirinya, selain melakukan blok terhadap beberapa fungsi Windows dan program keamanan, Stargate juga akan aktif pada mode "safe mode" atau "safe mode with command prompt" sehingga semakin sulit untuk membersihkan virus ini.


Mengubah Startpage IE dan Icon MP3

Tidak ketinggalan, aplikasi Internet Explorer Windows menjadi sasaran virus ini yakni dengan mengubah startpage (halaman pembuka) untuk menjalankan file html yang sudah dibuat oleh virus tersebut. Halaman pembuka IE pun berubah menjadi hitam.

Virus stargate juga akan mengubah icon sejumlah file seperti MP3, Jpeg, Mpeg dan Txt, menjadi icon Folder. Ini merupakan salah satu rekayasa sosial yang akan digunakan untuk mengelabui user agar user beranggapan bahwa file tersebut merupakan file duplikat yang dibuat oleh virus atau file yang sudah diinjeksi oleh virus dengan harapan user akan menghapus file tersebut.

Jika komputer Anda sudah terinfeksi Stargate, maka pada saat Anda membuka folder/drive maka akan muncul layar "Search Windows". Stargate juga akan mencoba untuk memblokir akses ke MMC file dengan memunculkan pesan error seolah-olah user tidak mendapat akses untuk membuka file tersebut, contohnya gpedit.msc atau secpol.msc.

Agar virus ini dapat aktif secara otomatis tanpa harus menjalankan file virus, Stargate akan memanfaatkan fungsi Autorun Windows dengan membuat beberapa file yakni desktop.ini, folder.htt dan autorun.inf. Ketiga file ini akan dibuat di setiap drive termasuk di media Flash Disk sehingga dengan hanya mengakses drive tersebut secara otomatis akan mengaktifkan virus ini.

Flash Disk masih merupakan salah satu media yang akan digunakan oleh virus ini untuk menyebarkan dirinya dengan membuat beberapa file berikut:

  • Autorun.inf
  • Desktop.ini
  • Folder.htt
  • Msvbvm60.dll
  • DCIM.exe
  • Dirlist.exe
(sumber: detikinet.com ( dwn / dwn ))

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker