HOT NEWS

Facebook dan MySpace Ditunggangi Virus

Senin, 04 Agustus 2008

Senin, 04 Agustus 2008

Teman Anda mengirimkan file berisi video klip via Facebook atau MySpace? Jika ya, jangan terlalu mudah percaya. Pasalnya, telah beredar sebuah worm via situs jejaring sosial tersebut.

Menurut Kaspersky Lab, komputer korban yang terinfeksi worm ini akan menjadi zombie di jaringan botnet. Botnet adalah gabungan beberapa komputer -- umumnya ribuan jaringan -- yang disewa untuk melakukan serangan cyber. Botnet bisa menyebarkan virus, meluncurkan serangan denial-of-service, atau melakukan kejahatan maya lainnya.

komputer yang terinfeksi akan menyebarkan worm dengan cara mengirimkan pesan ke daftar teman yang ada di jaringan Facebook dan MySpace.

Pesan yang dikirim berupa link-link video klip. Ketika link tersebut di-klik, maka komputer akan men-download sebuah file executable (file yang bisa dieksekusi) yang mengaku dirinya sebagai versi terbaru Flash Player. Faktanya, file ini adalah worm yang akan menginfeksi komputer.

Nah, ketika komputer yang sudah terinfeksi worm login ke Facebook atau MySpace, maka secara otomatis komputer akan menyebarkan file jahat tersebut ke daftar teman yang ada dalam jaringan Facebook atau MySpace.

"Kami pernah melihat tipe worm seperti ini sebelumnya, khususnys di MySpace. Banyak orang yang percaya karena mereka mendapatkan file tersebut dari teman, dan banyak pula yang tidak sadar kalau mereka men-download program jahat Flash Player," papar Ryan Naraine, evangelist keamanan di Kaspersky.

Naraine mewanti-wanti para pengguna komputer agar waspada saat men-download file ke komputer, sekalipun file tersebut berasal dari teman. Pengguna juga diimbau untuk rajin meng-update sistem keamanannya.


(sumber : detikinet.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker