HOT NEWS

Rontokbro pemimpin klasemen virus bulan agustus

Senin, 10 September 2007

Agustus menjadi bulan dengan spam paling banyak di tahun ini. Membanjirnya spam itu lebih banyak disumbangkan oleh link palsu yang menyaru pada situs jaringan sosial YouTube.
Sembilan puluh dua persen e-mail yang terpantau oleh vendor Softscan dan yang beredar selama bulan Agustus ternyata spam. Rekor tertinggi dalam satu hari malah mencapai 96,6 persen e-mail mengandung spam. Video klip menggantikan posisi file pdf dan dokumen sebagai pembawa spam.

“Tak ada bukti jika peningkatan serangan spam akan berakhir atau berlanjut, tapi kami percaya tren ini akan berlanjut dan di bulan September kemungkinan level spam ini akan semakin tinggi,” kata SoftScan chief technology officer, Diego d'Ambra.

Sementara itu, vendor antivirus Sophos juga memberikan peringkat tinggi untuk spam sepanjang bulan lalu. Selain YouTube, Sophos mencatat bahwa spam tersebut mendompleng di kartu elektronik, gambar-gambar bugil para selebritis dan video klip musik. Para pengguna yang membuka e-mail spam itu akan membuat komputer mereka rentan terkena malicious code dengan kemungkinan kehilangan data pribadi.

Di Indonesia, Rontokbro masih menjadi malware teratas yang menyerang komputer dengan menguasai hampir separuh serangan. Rontokbro dengan berbagai variannya menguasai 48,94 persen diikuti oleh small dengan 25,95 persen. Namun yang paling menyita perhatian selama bulan Agustus ini adalah Kespo meski peredarannya tak sampai satu persen atau tercatat 1.512 kejadian.

Dalam tiga bulan terakhir, Kespo menjadi virus nomor satu pemakan file MS Word dan Excel. Kespo mengubah file MS Word dan Excel menjadi file eksekusi (.exe) sehingga peranti lunak antivirus tak akan mendeteksi virus yang dibuat oleh Delphi ini. Begitu peranti lunak antivirus mengenalinya sebagai virus, file yang telah terinfeksi tersebut sudah berubah menjadi file .exe sehingga tidak bisa dibuka. Terkadang peranti lunak antivirus langsung menghapus file ini sehingga malah merepotkan kita.

4 virus mancanegara mengimbangi virus lokal

Ibarat 4 polis ringan tangan dari negeri jiran, maka virus mancanegara tidak mau kalah dengan virus lokal. Dipimpin oleh Small.KI yang setiap tanggal 3 awal bulan menghancurkan data komputer korbannya, virus mancanegara berusaha keras mengimbangi aksi virus lokal. Selain Small.KI yang menguasai 25,95 % insiden virus Indonesia bulan Agustus 2007, virus yang patut diwaspadai dan sangat merepotkan adalah Bacalid. Bacalid akan membuat komputer menjadi lambat dan melumpuhkan klik kanan desktop. Virus ini menyebarkan diri dengan cara menanamkan file .dll di temporary dan mengkopikan diri pada folder dan mapped share. File yang di tumpanginya akan bertambah dengan ukuran 35 KB dan komputer yang terinfeksi Bacalid akan menjadi sangat lambat. Hal ini terjadi karena Bacalid melakukan searching semua file .exe di harddisk lokal dan jaringan untuk di injeksi. Meskipun sudah wara wiri sejak September 2006, namun Bacalid sampai hari ini masih menjadi jagoan dan menempati peringkat 4 sebagai virus yang paling banyak menyebar di Indonesia dengan total insiden 8.647 insiden (5.46 %). Selain Bacalid, virus mancanegara yang aktif adlaah Klez di peringkat 7 dan Funlove di peringkat 11.


0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker