HOT NEWS

Awas File PDF "Beracun"

Kamis, 01 November 2007


Virus komputer bisa menjalar melalui media apa saja di komputer. File-file program berekstensi .exe awalnya paling sering digunakan sebagai media untuk "meracuni" komputer. Belakangan file gambar dan dokumen juga digunakan untuk mengelabui calon korban.

Kini giliran file berekstensi .pdf yang dimanfaatkan untuk melunpuhkan komputer. Firma pengembang software keamanan komputer dari Finlandia F-Secure mengingatkan para pengguna komputer mengenai ancaman tersebut.

Dilaporkan bahwa file-dile pdf yang disusupi program berbahaya menyebar melalui email sejak Jumat (26/10). "Email yang dikirim mirip laporan kartu kredit dan mengandung lampiran report.pdf," ujar Mikko Hypponen, kepala peneliti F-Secure.

Jika penerima email tersebut menjalankan file yang dilampirkan tersebut, program jahat yang menyusup akan bekerja dan men-download software dari alamat server tertentu di Malaysia atau Swedia. Kedua alamat server yang dimanfaatkan peyebar "racun" digital itu telah ditutup saat ini.

Namun pihak F-Secure menekankan potensi bahaya yang lebih besar ke depan jika masalah ini tidak ditanggapi serius.

"Kami sangat khawatir dengan kasus ini, sebab lampiran file-file PDF biasanya tidak disaring di gerbang email," ujar Hypponen seperti dilansir Reuters.

Tembalan keamanan baru untuk software Acrobat Reader yang dipakai untuk membaca file PDF sebenarnya sudah dirilis untuk mengatasi celah kelemahan ini. Namun, banyak pengguna yang mungkin belum melakukan update.

(sumber : surya.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker