HOT NEWS

Serangan Cyber Al Qaeda Ancam Amerika

Kamis, 01 November 2007


Isu serangan cyber terhadap berbagai institusi negara barat utamanya Amerika Serikat (AS) oleh kelompok Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden, sedang menyebar di Amerika Serikat (AS). Menurut kabar, serangan ini akan dilancarkan 11 November 2007 mendatang.

Isu serangan cyber ini dilaporkan majalah intelijen militer online, DEBKAfile. Mengutip sumber, majalah ini menyatakan bahwa mereka mengetahui sebuah pengumuman di Internet pada tanggal 29 Oktober 2007. Pengumuman ini bertujuan mencari relawan hacker dalam melancarkan serangan cyber dengan target 15 situs pada 15 November mendatang itu.

Serangan seperti ini mungkin akan dilakukan dengan perangkat software yang disebut 'Electronic Jihad Version 2.0'. Demikian perkiraan dari Paul Henry, Wakil Presiden Teknologi di lembaga Secure Computer. Software ini semakin mudah dikonfigurasi untuk melancarkan serangan seperti yang disebutkan dalam majalah DEBKAfile.

Namun, Henry mengungkapkan bahwa aparat hukum yang dihubunginya menanggapi isu serangan ini secara skeptis. "Saya berbicara dengan beberapa orang yang tahu isu ini namun mereka meragukan kebenarannya. Saya sendiri juga tak berpikir 11 November akan jadi hari di mana Internet terganggu.

Pakar keamanan Internet lainnya, Gadi Evron juga mengekspresikan keraguannya. Ia juga menandaskan bahwa peristiwa ini bukanlah hal baru. "Serangan cyber dengan kedok jihad terhadap berbagai situs terjadi tiap hari. Peringatan tentang akan adanya serangan besar ini meragukan," sebut Gadi.

Bisa jadi beberapa hacker berskill rendah memang merencanakan sesuatu. Namun kemungkinan, takkan ada serangan cyber besar-besaran. Demikian lanjut Gadi.

Desas-desus serangan cyber oleh Al Qaeda ini juga bukanlah yang pertama kalinya. Pada tahun 2006, Departemen Keamanan Negara memperingatkan berbagai bank dan lembaga keuangan AS untuk mewaspadai serangan cyber Al-Qaeda.

(sumber : detikinet.com fyk / fyk )

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
eXTReMe Tracker